Reviewmu.com

Rabu, 02 Juli 2008

sang laba2 yang cerdas

Suatu hari saat dikala sore saya sedang duduk santai di teras depan rumah sambil membaca sebuah buku favorit saya yaitu the casflow quadrant karangan robert t kiyosaki.
dengan menikmati hangatnya secangkir kopi manis buatan istri...wah....sungguh nikmat banget.
tiba2 pandangan saya tertuju di depan rumah tepatnya disamping dapur rumah, saya melihat ada seekor laba2 yang sedang membangun rumah jaring, beberapa saat saya pandangi laba2 itu lalu saya dekati.
hati saya berkata " wah kayaknya laba2 ini mengganggu dan mengotori rumah", lalu saya ambil sebuah sapu dan memusnahkan sarang atau jaring laba2 itu, karena saya merasa kasihan dengan laba2 itu maka saya membiarkannya hidup.
keesokan harinya setelah saya pulang kerja, saya melihat laba2 yg kemarin saya musnahkan jaringnya sekarang dia mulai lagi membangun jaring2 itu, langsung saja saya musnahkan lagi.
begitu seterusnya sampai berhari2 tiap sarang laba2 itu saya musnahkan maka keesokan harinya laba2 itu membangun jaring lagi...
pada saat liburan istri saya, kami sekeluarga liburan ketempat orang tua di kampung selama 3 hari
setelah saya pulang dari rumah orang tua, tiba2 saya kaget karena di depan rumah saya liat sarang laba2 yang amat besar sekali dengan seekor laba2 di tengahnya dengan angkuh menikmati makanan yg sudah terperangkap di jaringnya
lalu saya dekati laba2 itu, lalu saya amati jaringnya yg penuh dengan makanan santapannya ada nyamuk, lalat, kupu2, capung, yg sudah terperangkap mati di sarangnya.
dalam hati saya berkata " wah ternyata laba2 ini adalah hewan yg cerdas dan pekerja keras, padahal kemarin udah saya musnahkan sarangnya tapi dengan kegigihan dia, dia bangun lagi jaring2nya, dan setelah melewati kegagalan dalam membangun jaring2 dan akhirnya jaring2 terbentuk, sekarang dia bisa menikmati nikmatnya hidup dengan bermacam2 persediaan makanan.
dengan jaring2nya, laba2 ini tidak usah bersusah payah utk mencari makanan, karena makanan akan datang sendiri karena terperangkap di jaringnya,
dia hanya bersusah payah sekali saat dia masih proses membangun jaring2nya, tapi sekarang dia bisa menikmati dari proses kegagalan tersebut.


Pembaca yg budiman

Dari cerita diatas, kita patut belajar dari sang laba2, biarpun dia mengalami kegagalan dalam membangun jaring2 tapi dia masih tetep gigih, kuat, dan tahan dari godaan, ancaman bahaya dari luar.
dia gagal lalu bangkit lagi, gagal lagi, bangkit lagi begitu seterusnya hingga akhirnya dia bisa sukses dalam membangun jaring2nya.
begitupun dengan kita, kita patut mencontoh dari sang laba2
mari kita kuatkan keyakinan kita, kita berdoa dan dibarengi dengan bekerja keras dengan cerdas
seperti laba2, dia hanya berkerja keras sekali yaitu waktu membangun jaring2nya tapi setelah jaring2 terbentuk, laba2 itu baru bisa menikmati nikmatnya hidup, dia tidak usah bersusah payah utk cari makanan setiap hari karena makanannya udah datang sendiri.

bagaimana dengan anda?
apakah anda ingin jadi sang laba2? ataukah seekor cecak yg setiap hari harus bersusah payah mencari makanan?
semua keputusan tergantung anda, keputusan anda saat ini menentukan kehidupan anda selanjutnya.


salam sukses


yahya widodo

Tidak ada komentar: